1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

GREEN CANYON: Wisata air nan eksotis

Oleh Yanto Rachmat Iskandar & Dinda Wulandari

"Gila, tidurku nyenyak banget semalam. Tempatnya asyik, nyaman buat tidur meskipun nggak pake pendingin ruangan," seru seorang teman merujuk pada pondokan yang disebut 'kabin', di Pondok Panireman Resort Riversider di Batu Karas, Pangandaran, Kab. Ciamis, Jawa Barat. 

"Rasa lelah jalan seharian kemarin pun sudah hilang saking enaknya tidur," sambungnya. 

Pagi itu, kami duduk di bale-bale. Bajigur, kopi, teh manis, dan makanan ringan lainnya masih tampak berserakan sisa semalam. Kami pun larut dalam pembicaraan, membahas pengalaman perjalanan pertengahan Desember lalu ke Green Canyon, Pantai Batu Karas, serta hiburan organ tunggal yang berlangsung hingga menjelang tengah malam.

"Seru juga kemarin, puas sekali. Kayaknya asyik kalo pagi-pagi jalan-jalan atau menikmati alam di sekitar pondok ini," bisik penulis dalam hati, yang ikut dalam rombongan Family Gathering Bisnis Indonesia Perwakilan Jawa Barat 2011.

Tiba-tiba kami teringat pada fasilitas yang disediakan oleh pemilik pondok selama kita menyewa pondokan yaitu bermain kano di sungai. Kami pun bergegas ke kafe di mana pengelola pondokan ngepos.

Usai berbincang-bincang dengan pengelola, kami pun nyemplung menunggangi kano sekadar memanjakan diri di atas air. Tak usah panjang lebar mengenai pengalaman berkano sebab bermain air memang benar-benar mengasyikan.

Sayangnya, tak banyak dari kami yang nyemplung ke sungai bermain kano sebab sebagian besar rombongan merupakan ibu-ibu dan anak-anak. Padahal sebetulnya bermain kano ini cukup aman karena ada sejumlah instruktur yang mengawal dan mengawasi aktivitas.

Selain menyediakan permainan kano, pengelola juga menyediakan perahu ukuran besar baik untuk wisata air ke muara sungai ataupun untuk sekadar memancing. Riversider memang benar-benar menawarkan konsep wisata air.

Pondokan unik

Selama di sini, kami tinggal di Pondok Panimeran Riversider Batu Karas, yang memiliki sedikitnya 10 buah kabin konsep pondokan wisata pantai. Bangunannya mengusung konsep etnik dan ramah lingkungan yang berdiri di sepanjang pinggiran sungai yang indah.

Bentuk kabin menyerupai lumbung padi tradisional. Uniknya lagi, bahan-bahan alam yang digunakan merupakan bahan lokal kawasan Batu Karas seperti batang pohon kelapa hingga daun nipah yang menjadi atap kabin.

Tak heran jika pengunjung akan merasakan kesejukan di dalam kabin ini tanpa air conditioner sekalipun. Konsepnya sangat sederhana namun tidak melupakan citra eksotis dan romantis.

Arnold Andi Madong, pemilik Riversider, mengatakan kapasitas per kabin muat mulai untuk dua orang hingga 10 orang. Hampir seluruh kabin memiliki pintu dan jendela unik yang dapat dibuka sehingga kita dapat tiduran sambil menikmati pemandangan sungai.

Soal tarif, jangan khawatir sebab cukup banyak kabin yang disesuaikan juga dengan kemampuan kantong pengunjung, mulai dari yang ukuran kecil untuk dua orang Rp200.000-an per malam hingga Rp900.000-an yang dapat menampung 10 orang.

Bagi yang kurang menyukai bangunan ini, pengelola juga menyediakan bangunan konvensional dengan wujud modern yang berlokasi di seberang bangunan tradisional. Bangunan ini terletak agak jauh dari pinggir sungai dilengkapi kolam renang dan pendingin ruangan.

Tarif pondokan modern ini seharga Rp400.000 per malam. Soal makanan, di sini memang agak terbilang mahal mengingat lokasinya agak jauh dari keramaian. Soal rasa, menu di sini cukup variatif dan enak. Makanan dan minuman itu pun biasanya dibagi-bagi ke dalam paket mulai yang termurah seharga Rp25.000 hingga Rp50.000. Itu bisa disesuaikan dengan kemampuan bujet masing-masing.

"Pondokan kami juga disinggahi  turis asing dari Eropa dan Australia yang
banyak yang menghabiskan waktu liburannya," katanya.

Biasanya para turis asing mulai berdatangan pada Februari sampai Mei atau berdekatan dengan musim kemarau. Setelah itu bergantian, turis lokal mulai memadati objek wisata Batu Karas pada pertengahan tahun atau saat musim kemarau.

"Kalau turis asing kebanyakan mahasiswa, mereka bisa sampai berminggu-minggu menginap di sini karena tertarik dengan sungai dan water sport," katanya.

Variasi wisata

Pemondokan ini cukup berdekatan dengan lokasi-lokasi wisata unggulan yang berada di lokasi tersebut seperti Pantai Batu Karas yang berjarak sekitar 20 menit berjalan kaki dari pondokan. Atau cuma dua menit dengan menggunakan sepeda motor.

Pantai Batu Karas menyajikan suasana pantai yang berbeda. Pantai ini cukup eksotis karena tidak terlalu padat pengunjung seperti halnya pantai utama Pangandaran yang berpusat di Pantai Barat. Selain itu, kawasan ini memang dikhususkan bagi para pemula yang ingin belajar surfing.

Setibanya di kawasan pantai ini, Anda akan serasa dipanggil oleh deburan ombak yang rapi, atau dalam istilah Sunda,  ngentep. Bentuk ombak ini memang cocok untuk berselancar.

Selain itu, di kawasan ini juga terdapat wahana permainan yang disediakan warga setempat, seperti banana boat, donut boat, dan lain-lain.

Bagi yang sekadar ingin berenang, pengunjung juga bisa melakukannya dengan leluasa karena tak perlu takut terinjak karang.  Bermainlah sepuasnya hingga sore tiba dan matahari pamit sembari meninggalkan lukisan senja yang memanjakan mata.

Selain itu, pondokan ini berdekatan pula dengan kawasan wisata Green Canyon. Bahkan pengelola menyediakan langsung perahu ke lokasi start Green Canyon sehingga ada penambahan waktu perjalanan. Singkat kata, pengalaman di Riversider memang benar-benar menyenangkan. (redaksi@bisnis.co.id) (tw)


google+

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday82
mod_vvisit_counterYesterday89
mod_vvisit_counterThis week82
mod_vvisit_counterThis month1419
mod_vvisit_counterAll days227637

We have: 11 guests online
Today: Nov 19, 2017

Contact Us

Bandung Sales Office :

Ruko Dynasti Plaza C-3
Jln.Ibrahim Adjie 175
Kiaracondong - Bandung
West Java - Indonesia

telp.

0896 5252 9827
0811 2272 032
0812 2058 7529

email :

info@rivesider-batukaras.com

Location



Access :

    1 Hour  from jakarta with Airplane
    30 minutes from Bandung with Airplane
    30 minutes from Pangandaran Beach by Land
    Pick Up Point at Bandung

google+